Serba Serbi Gunung Bromo Yang Wajib Diketahui

Serba Serbi Gunung Bromo Yang Wajib Diketahui

Gunung Bromo merupakan gunung yang masuk kedalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terkenal akan kaldera serta kawahnya yang sangat eksotis. Kawasan Wisata Gunung Bromo terletak di ketinggian 2.392 mdpl dan diapit oleh empat kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Probolinggi, Pasuruan serta Lumajang.

Gunung Bromo terbentuk akibat dua gunung yang berhimpitan, sedangkan kawah eksotis yang ada terbentuk akibat letusan Gunung Tengger, dimana akibat letusan tersebut materi vulkanik yang ada pada Gunung Tengger terlempar ke arah Tenggara sehingga membentuk lembah.

Salah satu keindahan yang dapat dinikmati oleh pendaki adalah momen sunrise. Dimana gumpalan awan yang ada akan secara perlahan akan dihembus dan memunculkan sinar dari sang surya yang begitu mempesona. Keindahan momen sunrise ini menjadi momen yang paling digemari oleh para pendaki. Biasanya para pendaki akan berbondong-bondong mempersiapkan kamera untuk mengabadikan moment tersebut.Setiap tanggap 14 dan 15 bulan 7 ( perhitungan kalender Jawa ) atau bulan Juli ( perhitungan Masehi) akan diadakan upacara Kasada.

Nantinya akan ada persembahan yang akan diberikan, misalnya saja hasil sawah, ladang, ternak ataupun benda lainnya sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME.Selama abad ke-20, Gunung Bromo telah memuntahkan lahar sebanyak 3 kali, jarak waktu juga cukup teratur, yakni 30 tahun sekali. Letusan terbesar terjadi di tahun 1974 sedangkan letusan terakhir terjadi di tahun 2004 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *