Goa Tabuhan Pacitan Unik, Dipukul Bunyi Musik Langsung Bro

Goa Tabuhan Pacitan Unik, Dipukul Bunyi Musik Langsung Bro

Kota Pacitan adalah kota 1001 goa dan banyak sekali goa yang ada di Pacitan Jawa Timur. Salah satu yang menarik diantara goa yang ada di Pcitan yaitu goa tabuhan yang ada di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Goa tabuhan memiliki khas yang sesuai dengan nama goa tabuhan, dalam bahasa jawa tabuhan adalah membunyikan beberapa alat musik. Saat berada di goa tabuhan para pengunjung dapat memukul stalaknit juga stalaktit yang ada di dalam goa tabuhan dan dapat mengeluarkan suara sperti sebuah suara musik.

Goa tabuhan dibuka menjadi obyek wisata pada tahun 1995. Pada setiap tahunnya sampai saat ini para pengunjung baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara sudah banyak yang mengunjunginya dan semakin meningkat pada setiap tahunnya. Setiap minggu pada umumnya di goa tabuhan Pacitan selalu ada sebuah pertunjukan musik yang digunakan yaitu stalaktit juga stalaknit yang ada pad goa tabuhan tersebut.

Saat goa tabuhan banyak pengunjung yang mengunjungi goa tabuhan biasanya juga para pemain musik dengan sukarela memainkan musik tersebut dengan sukarela dan bertujuan untuk menghibur para wisatawan. Terkadang juga ada sebagian wisatawan yang menginginkan mereka untuk bermain musik dan membayarnya dengan tarif 100 ribu rupiah dengan bermain musik selama 20 menit.

Pada ujung goa tabuhan yang ada di dalamnya merupakan sebuah jalan buntu. Pada masyarakat sekitar goa tabuhan mengatakan jika tempat tersebut merupakan tempat dari petilasan dari Sentot Prawirodirjo yang menjadi seorang pertapa waktu itu.

Sebuah narasi mengatakan jika goa tabuhan tersebut dijadikan tempat bertapa Sentot Prawirodirjo yaitu seorang panglima perang pada saat zaman perang Diponegoro pada tahun 1825 hingga 1830. Hal yang cukup menarik yang dpat diketahui jika memukul stalaktit juga stalaknit yang berukuran panjang 7 meter juga dengan diameter 1 meter apabila dipukul bisa mengeluarkan nada yang menyerupai suara gamelan.

Goa tabuhan memiliki ruangan dengan panjang 100 meter dan lebar 30 meter. Untuk hal tersebut sebaiknya para pengunjung dapat langsung membuktikan keindahan yang ada pada goa tabuhan yang ada di Pacitan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *