MANFAAT DARI IKAN SARDEN

Ikan sarden ini berasal dari lautan di Sardinia yang merupakan sebuah kota di Italia yang menjadi salah satu rumah banyaknya ikan sarden. Jenis ikan satu ini bertubuh kecil ternyata juga menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Selain rasanya yang sangat lezat, ternyata ikan sarden ini juga sangat cocok untuk lidah di Negara Indonesia. Makanan ikan sarden ini hanya memakan plankton agar bisa bertahan hidup, maka dari itu mengapa sebabnya ikan sarden ini tidak terlalu banyak mengandung merkuri seperti jenis ikan lainnya.

Selain rendah kandungan merkurinya, masih banyak alasan lainnya mengapa ikan sarden ini sangat baik untuk di konsumsi seperti :
1. Mencegah penyakit jantung
2. Menurunkan risiko penggumpalan darah
3. Mencegah degenerasi makula
4. Mencegah kanker
5. Memperkuat tulang
6. Menyehatkan sistem kekebalan tubuh
7. Perawatan kulit
8. Mengandung antioksidan

Jika kita sudah mengetahui beberapa manfaat ikan sarden seperti di atas, ada baiknya anda jiga mengetahui kandungan nutrisinya. Ikan sarden pada umumnya juga mengandung zat mineral dan vitamin yang sangat beragam. jadi tidak perlu heran lagi bahwa pakar ahli banyak yang mengatakan bahwa ikan sarden memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Pada umumnya ikan sarden tentunya banyak ditemui dalam kemasan kaleng, tidak hanya itu ternyata ikan sarden juga bisa anda temukan di pasar. Namun jika anda memilih dengan mengkonsumsi ikan sarden dalam kemasan kaleng sebaiknya anda memilih mengkonsumsi ikan sarden yang dibungkus dengan menggunakan minyak zaitun. Ini merupakan salah satu cara yang baik jika kalian ingin menghindari lemak yang tidak baik dalam ikan sarden kaleng tersebut karena mungkin biasanya ada beberapa produk ikan sarden kaleng yang hanya mengandung air saja.

Sangat disarankan, bagi kalian yang menderita asam urat atau masalah pada ginjal sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi ikan sarden karena pada ikan tersebut memiliki kandungan yang bisa menyebabkan naiknya asam urat didalam tubuh. Tidak hanya itu kandungan kalori pada ikan sarden kaleng juga perlu di perhatikan, apalagi jika kalian sedang ingin mengurangi asupan kalori pada makanan. Selain itu bagi ibu hamil, meskipun ikan sarden di tidak memiliki kandungan merkuri dengan jumlah yang tinggi, sebaiknya jika ingin mengkonsumsi ikan sarden konsultasi terlebih dahulu kepada dokter pada masa kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *