Jangan Mudah Memberi Kesimpulan Pada Seseorang Hanya Dari Penampilannya Saja

Jangan Mudah Memberi Kesimpulan Pada Seseorang Hanya Dari Penampilannya Saja

Tidak ada alasan untuk kita tidak bersikap baik. Tidak ada alasan kita harus terus berbuat baik. Kadang kita untuk berbuat baik, rasanya berat. Rasanya kenapa, dan untuk apa kita berbuat baik. Apalagi pada beberapa orang tertentu. Itu bukan seperti itu. Tapi lebih ke kita mencoba mencari keyakinan bahwa yang mereka lakukan itu adalah benar. Sebenarnya semua orang itu adalah baik. Pada dasarnya semua orang itu adalah baik. Pada dasarnya semua orang itu memiliki hati nurani. Semua orang memiliki belas kasih. 

Jangan Mudah Memberi Kesimpulan Pada Seseorang Hanya Dari Penampilannya Saja

Tapi dengan berjalannya waktu, orang-orang semakin bertumbuh, orang semakin mengenal satu sama lain, semakin mengenal dunia. Semakin banyak hal yang mereka coba, sehingga mereka menjadi tahu banyak hal. Dari situ, dia menemukan banyak hal. Dari situ kadang membuat manusia jadi berpikir berkali-kali untuk berbuat baik, karena rasanya banyak orang yang tidak baik. Banyak orang yang bermuka dua. Ada banyak orang yang tidak tulus, tidak sebaik dengan apa yang diperlihatkan di depan. Tapi ada juga orang yang terlihat tidak baik, malah mereka yang memiliki hati yang baik. 

Memang jadinya bertolak belakang. Tapi itulah manusia. Sehingga kita tidak bisa hanya menilai seseorang dari penampilannya saja. Kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari apa yang dia gunakan. Apa yang dia tunjukkan. Karena kebaikan hati yang sesungguhnya itu ada berada di dalam. Ada orang yang memang dari sananya sudah memang memiliki hati yang tidak baik, dan itu ada-ada saja. Dan kita tidak bisa membaca itu. Hati orang tidak ada yang tahu. Jadi selalu berhati-hati dalam berteman, selalu berhati-hati dalam memfilter orang-orang yang ada disekitarmu. Karena kita pasti akan memiliki perasaan dimana dia orang ini baik apa enggak.

Ikuti instingmu, ikuti perasaanmu. Jika kalian merasa ini sudah tidak baik, sudah tidak benar, jangan dipaksakan. Jangan membawa dirimu pada suatu masalah atau rasa sakit yang dimana kalian sendiri tidak tahu akan sedalam apa atau sesakit apa perasaan itu. Yang kita sendiri tidak bisa pastikan bisa gak kita handle perasaan-perasaan itu semua.