Senantiasa Lebih Gampang Dalam Memperhitungkan Serta Memeriksa Orang Lain Dibanding Diri Sendiri

Selalu Lebih Mudah Dalam Menilai Dan Menghakimi Orang Lain Ketimbang Diri Sendiri

Jika kita perhatikan, dalam hidup ini salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah menilai dan menghakimi orang lain. Tentu saja itu menjadi sangat mudah. Karena kita hanya perlu melihat orang lain dan langsung menilai dan menghakimi. Bahkan hanya perlu sekali pertemuan, kita sudah bisa memberikan penilaian kita dan berbagai asumsi di kepala. Dan semua dari kita pasti melakukan hal tersebut. Tanpa terkecuali. Mau sebodoh amat apapun seseorang, pasti setidaknya dia sudah membuat sebuah penilaiannya sendiri di dalam kepalanya.  

Selalu Lebih Mudah Dalam Menilai Dan Menghakimi Orang Lain Ketimbang Diri Sendiri

Tapi bedanya ada beberapa orang yang langsung mengatakannya. Ada juga yang tetap diam, dan tetap membiarkan semua penilaian dan asumsinya tetap berada di kepalanya. Cukup dia yang tahu. Kecuali ada yang meminta penilaiannya barulah akan disampaikannya. Tapi jika tidak, dia akan tetap diam. Karena tidak semua perlu kita utarakan. Tidak semua hal yang ada di dalam kepala kita harus kita katakan pada orang. Tidak semuanya orang lain harus tahu. Sehingga kalian pasti pernah mendengar kalimat, kadang ada beberapa hal yang tidak perlu kita sampaikan. Cukup katakan informasi yang secukupnya. 

Jangan sampai berlebihan. Karena itu bisa saja menjadi tidak baik bagi diri kita sendiri atau orang lain. Sehingga cukup sampai di kepala kita saja. Dan kita tidak perlu menyangkal itu. Bahwa kita semua pasti mempunya banyak sekali bahkan segudang penilaian dan asumsi kita terhadap orang lain. Baik orang yang baru kenal atau orang yang sudah lama kita kenal. Bahkan orang yang tidak kita kenal. Yang hanya kita lihat di jalan, yang berpapasan dengan kita. Atau hanya sekedar kita lihat di reels instagram kita. 

Karena judging adalah sikap alami dari manusia. Sehingga itu sudah ada dalam darah kita. Dan asumsi yang ada di kepala kita sangat beragam. Dari hal baik, sampai hal yang paling buruk dan ekstrim ada di kepala kita. Tapi balik lagi, banyak hal yang tidak kita katakan. Karena rasanya tidak pantas untuk dikatakan. Tapi pasti semua orang pernah memberikan asumsi atau penilaian paling buruk.