Saat Terjadi Kekeliruan Dalam Hal Penerimaan Informasi, Kesalahan Bisa Terjadi Dari Mana Saja

Saat Terjadi Kekeliruan Dalam Hal Penerimaan Informasi, Kesalahan Bisa Terjadi Dari Mana Saja

Untuk kita bisa hidup berdampingan dengan orang. Untuk kita bisa hidup damai dan aman dengan orang lain. Selain kita harus menjaga sikap, harus saling menghormati satu sama lain, harus sopan satu sama lain. Hal yang penting untuk dilakukan untuk bisa menjaga hubungan yang baik itu, adalah komunikasi. Memiliki komunikasi yang baik antar satu dan lainnya bisa membuat hubungan menjadi lebih baik antar satu dan lainnya. Untuk itu mulai lah dari sekarang untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Apakah kalian sudah melakukan itu? Sebaik apa komunikasi kalian?

Saat Terjadi Kekeliruan Dalam Hal Penerimaan Informasi, Kesalahan Bisa Terjadi Dari Mana Saja

Banyak orang merasa percaya diri. Merasa dia bisa berkomunikasi dengan baik dan benar. Karena sejauh ini dia baik-baik saja berkomunikasi dengan orang. Pun kalau terjadi masalah itu bukan karena komunikasinya tapi karena orang lain. Ada yang salah dari orang lain. Itu adalah pemikiran kita. Dan pemikiran kita bisa keliru. Bisa saja salah. Karena orang saat memiliki keyakinan, memiliki percaya diri yang tinggi, mereka bisa menilai diri mereka benar. Apa yang mereka lakukan itu sudah baik dan benar. Padahal kita sendiri masih memiliki banyak sekali kesalahan. Masih banyak hal yang terlewatkan dalam hal komunikasi. 

Kadang kita rasanya kita sudah berkomunikasi dengan baik. Kita sudah memberikan informasi secara lengkap dan sesuai. Tapi yang diterima oleh orang lain, yang sampai di orang lain bisa berbeda. Dan kadang hal seperti ini, kita langsung mengambil kesimpulan orang tersebut yang salah. Orang tersebut yang tidak mengerti isi informasi, orang tersebut tidak bisa menerima informasi dengan baik. Tanpa kita berkaca, apa mungkin ada cara kita yang salah. Ada yang salah dari kita mengkomunikasikan kepada orang lain sehingga orang tersebut dapat menangkap dan menerima informasi yang keliru. 

Ini juga penting untuk kita pelajari. Saat ada kesalahan seperti ini. Kita juga harus berkaca, dan rewind lagi, apa yang salah dari cara kita mengkomunikasikan kepada orang lain. Karena kadang ada yang maksud kita a, tapi karena kita tidak menjelaskan secara mendetail. Orang menangkapnya lain. Dan mengartikan lain. Seperti satu kata memiliki banyak sekali makna.